Berani Jamin! Galaxy S7 Bakal Tahan Air Selama User Patuhi Samsung

Samsung kembali menghadirkan fitur anti air (water-resistant) pada flagship teranyarnya Galaxy S7 dan S7 Edge. Kali ini, kemampuan tersebut bahkan lebih tangguh dengan sertifikasi IP68.

 

Sebelumnya, fitur serupa pernah disematkan pada Galaxy S5 untuk kemudian ditiadakan pada Galaxy S6. Bedanya, pada Galaxy S5, sertifikasinya baru IP67. (Baca : Cara Cek Garansi Samsung)

 

"Bisa tahan air sampai kedalaman 1,5 meter dalam 30 menit," kata Marketing Director Mobile Division Samsung Indonesia Vebbyna Kaunang, Senin (22/2/2016), di sebuah restoran di Barcelona.

 

Meski begitu, kata Vebbyna, Galaxy S7 tak dibuat khusus untuk dibawa menyelam atau berenang ke laut. "Siapa sih yang mau membawa handphone berenang?" ia berdalih.

 

Tujuan IP68 seyogyanya untuk mereduksi kekhawatiran pengguna akan kecerobohan-kecerobohan sehari-hari. Ia mencontohkan pengalaman pribadinya.

 

"Waktu itu (handphone) saya benar-benar jatuh di kolam, nggak masalah," kata dia.

 

Pada dasarnya, selama pengguna mengikuti syarat dan ketentuan fitur water-resistant Galaxy S7, dijamin ponsel tak akan rusak. Jika rusak, Samsung menyediakan garansi khusus.

 

"Selama masih sesuai dengan apa yang Samsung kasih (kedalaman 1,5 meter, tak lebih dari 30 menit), itu masih ditanggung garansi (kalau terjadi apa-apa)," ia menjelaskan. "Tapi kalau disengaja, didiamkan semalaman (dalam air) ya tidak," ia menambahkan.

 

Galaxy S7 dan S7 Edge resmi meluncur pada Minggu (21/2/2016) dalam sebuah acara di Barcelona, Spanyol, sehari sebelum pelaksanaan acara tahunan Mobile World Congress 2016.

 

Kedua smartphone tersebut dibekali Samsung dengan spesifikasi canggih, seperti prosesor Snapdragon 820, RAM 4GB, dan kamera 12 megapiksel dengan teknologi Dual Pixel.

 

Artikel Terkait : 

Yang menariknya Galaxy S7 dan S7 Edge adalah kembalinya slot ekspansi memori microSD dan fitur anti-air seperti dibahas di atas.